Pangdam XVIII/Kasuari : Komcad Harus Memberikan Manfaat, Tampil Sebagai Motor Penggerak Percepatan Pembangunan

Manokwari. – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., menyampaikan begitu pulang sebagai prajurit Komcad, harus betul-betul meyakinkan bahwa dapat memberikan manfaat dimanapun berada, bisa menempatkan diri baik itu kegiatan yang melibatkan kebersamaan TNI-Polri dalam rangka percepatan pembangunan, karya bakti, TMMD, pengentasan stunting, buta aksara dan lain sebagainya intinya untuk membangun wilayah termasuk masyarakat dimanapun berada.

Hal ini disampaikan Pangdam saat memberikan pengarahan kepada 200 pemuda terbaik asal Papua Barat dan Papua Barat Daya yang telah rampung melaksanakan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) di Rindam XVIII/Kasuari hingga latihan lanjutan terpusat di Bandung, bertempat di aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, pada Minggu (13/8/2023).

Pada kesempatan ini, ia mengatakan agar setelah kembali ke daerah masing-masing para personel Komcad untuk melaporkan diri kepada Kodim-Kodim terdekat.

“Dalam rangka untuk menyiapkan tempat bagi yang belum mempunyai pekerjaan, ini sedang kita adakan proses di wilayah Kodam XVIII/Kasuari sampai dengan di Kabupaten masing-masing dan ini merupakan tanggungjawab bersama. Untuk itu jangan main-main karena kualitas kalian saat ini mau tidak mau harus siap untuk menyongsong dengan dilihat dari kondisi masing-masing baik dari sisi pendidikan, kemampuan dan lain sebagainya,” ujar Pangdam.

Ia pun meminta untuk bersyukur karena sebagai warga negara mulai dari awal tes sampai dengan berproses sampai dengan saat ini semua penuh tegad, keyakinan yang siap mempertaruhkan jiwa dan rega demi negara dan bangsa ini.

“Lewat Komcad ini diharapkan kehidupan kalian kedepan semakin jelas. Ingat baik-baik menyongsong situasi politik, manfaatkan keberadaan kalian, berikan pengaruh yang positif bagi masyarakat lainnya. Saya berharap, dengan ruang bebas yang sudah diberikan kepada kalian, agar mengajak masyarakat yang ada di sekitar untuk ikut dalam membela dan tumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa ini, diharapkan pula Komcad agar tampil ditengah masyarakat sebagai motor penggerak pembangunan selain itu, sentuhan Komcad harus berdampak positif untuk asyarakat,” harapnya.

Sebagai tambahan informasi, Komcad adalah pasukan cadangan militer Indonesia, yang berkedudukan langsung di bawah Markas Besar Tentara Nasional Indonesia dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Ini merupakan wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara, seluruh sumber daya alam, sumber daya buatan serta sarana dan prasarana nasional dalam usaha pertahanan negara. Penyelenggaraan dan keberadaan komponen cadangan pertahanan negara didasarkan peraturan perundang-undangan. Penyelenggaraan komponen cadangan dilaksanakan melalui pola pembentukan, pembinaan, dan penggunaan yang dilakukan secara terpusat.

(red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *