Gelar Apel Satkamling Kapolresta Magelang Berikan Piagam Dan Piala Penghargaan

Magelang, Perpek.com –
Kepolisian Resor Kota Magelang menggelar apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) bertempat di halaman Polresta Magelang, pada Rabu (21/06/2023) Pagi.

Apel Satkamling dipimpin langsung oleh Kapolresta Magelang Polda Jateng KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., dan dihadiri oleh Tokoh Muspida Kab Magelang yaitu Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P., diwakili oleh Kasatpol PP Labbaika Nugroho, S.Stp.,M.M., Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H.,M.Si., diwakili oleh Danramil Mertoyudan Kapt Budi Pitoyo, Ketua PN Mungkid diwakili oleh Sekretaris PN Kota Mungkid Pujo Siswanto, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kab Magelang yang diwakili oleh Kasipidum T Hendratta, S.H. dan Ketua DPRD Kab Magelang yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Mahmoed S.H.

Turut hadir pula Perwakilan Para Kepala Desa masing-masing Kecamatan se Kab Magelang, Kasatkamling dan petugas Satkamling se Kab Magelang.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolresta Magelang, ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat mengoptimalkan peran satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas memelihara kamtibmas secara swakarsa.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, tentunya berbagai dinamika dan tantangan harus kita latih bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

“Untuk itu Polri terus mengembangkan Potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri Yang Presisi, tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa dilingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa.

Kombes Pol Ruruh mengharapkan Satkamling mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolresta Magelang berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system dilingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal paling utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.

“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh awak satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya, yang telah membantu menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya”, pungkasnya.

Menutup acara apel satkamling diberikan piagam dan piala penghargaan kepada para pemenang Lomba Satkamling Tingkat Polresta Magelang, Juara 1 Ds Banyusidi Pakis, Juara 2 Ds Kebonrejo Salaman, Juara 3 Ds Krogowanan Sawangan, Juara Harapan 1 Ds Umbulsari Windusari, Juara Harapan 2 Ds Banyuadem Srumbung, dan dilanjutkan sesi Foto Bersama. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *