Kapolres Magelang Kota : Kasat Kamling Diharapkan Jadi “Cooling System”

KOTA MAGELANG, Perpek.com – Dalam rangka menjaga situasi dan kondusifitas kamtibmas di Kota Magelang, Polres Magelang Kota menggelar Apel Kasat Kamling tahun 2023 di Alun Alun Kota Magelang, Rabu (21/06/2023).

Apel dihadiri Forkopimda Kota Magelang, pejabat utama Polres Magelang Kota, para Kepala Desa atau Lurah se Kota Magelang, petugas Satkamling dan Bhabinkamtibmas se Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan.

Membacakan amanat Kapolri, Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda E. Sebayang mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh awak Satkamling yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Kasatkamling ini.

“Apel hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling, sehingga dapat mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara kamtibmas secara swakarsa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, AKBP Yolanda, menambahkan Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.

Menurutnya, Satkamling saat ini memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Ia berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing. “Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” tegasnya.

Guna meningkatkan kemampuan, para Awak Satkamling telah dibekali pelatihan antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga (problem solving), serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

“Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *