Apel Gelar Pasukan Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Di Wilayah Hukum Polres Magelang Kota

Magelang Kota – Polres Magelang Kota pelaksanaan apel gelar pasukan Satuan Tugas dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan Bertempat di Alon Alon Kota Magelang (Selasa,29/8/2023)

Apel gelas pasukan dipimpin pimpinan Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayank, S.I.K., M.M., Perwira Apel Kasubbagkerma Bagops Polres Magelang Kota, AKP Sukma Galuh Pulung Dwi Handoko, S.H. dan selaku Komandan Upacara Kasat Samapta Polres Magelang Kota, AKP Sumino, S.Sos, M.M. dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Magelang atau yang mewakili diantaranya Plt. Sekda Kota Magelang, Larsita, S.E., M.Sc., Pabung Kodim 0705/Magelang, Kap Inf Rizky Sudarmanto, Wakapolres Magelang Kota, Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho, S.I.P., M.H. beserta pejabat utama dan kapolsek jajaran, Kepala Perum Perhutani KPH Kedu Utara Damanhuri, Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian, Kepala Satpol PP Kota Magelang O.T. Rostrianto, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr. Istikomah, Kepala Dinas Sosial, Bambang Nuryanta, S.E.,M.M., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, M Yunus, Kepala UPT Damkar Kota Magelang, Didik Aryanto, Camat Bandongan, Suroto, S.Sos., Para Ketua Organisasi Relawan di wilayah Kota Magelang. Kehadiran mereka menunjukkan sinergi yang kuat antara aparat keamanan, pemerintah, dan lembaga terkait dalam menjaga keamanan dan keselamatan lingkungan.

Untuk Urutan pasukan dalam pelaksanaan apel, antara lain satu Pleton Pama Polres Magelang Kota., kompi 1 terdiri dari 1 pleton Personel TNI dari Kodim 0705 Magelang, Dalmas Satsamapta Polres Magelang Kota, Staf Polres Magelang Kota. Kompi 2 terdiri dari Pleton Bhabinkamtibmas Polres Magelang Kota, Gabungan Resintelkam Polres Magelang Kota dan Polisi Hutan Perhutani KPH Kedu Utara. Kompi 3 terdiri dari personel BPBD Kota Magelang, Damkar Kota Magelang dan Satpol PP Kota Magelang. Kompi 4 dari personel Dinas Kesehatan, PMI, dan TAGANA Kota Magelang, Garda Rescue Kota Magelang, Gabungan SENKOM, RAPI dan ORARI Kota Magelang.

Dalam apel yang berlangsung dengan khidmat, Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayank, S.I.K., M.M., mengapresiasi kehadiran seluruh anggota satuan tugas (Satgas) yang terlibat dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Ia menyampaikan pentingnya kerja sama dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas mulia ini demi melindungi lingkungan serta aset alam di wilayah Kota Magelang.

Saat ini kita berada pada musim kemarau diprediksi musim kemarau tahun ini akan Panjang, hal tersebut berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita. Adapun apel ini adalah menunjukkan sinergitas yang solid dan harmonisasi yang berjalan baik dari semua komponen stage holder di Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan.

“Tujuan apel gelar pasukan ini berbentuk kesiap-siagaan dari Polri bersama stage holder terkait serta para relawan tanggap bencana untuk antisipasi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Magelang Kota.” papar Kapolres Magelang Kota.

Kegiatan apel gelar pasukan ini sebagai sarana membangun komunikasi antar instasi, pimpinan, anggota guna Bersama-sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Bentuk pengecekan dan kesiapan personel serta sarana prasarana sehingga apabila kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan penanganan secara terpadu dan cepat” tambah kapolres

Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk saling peduli dan menjaga lingkungan sebagai Langkah antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Akibat kebakaran hutan dan lahan berdapak kerusakan lingkungan secara meluas, polusi udara sehingga hal tersebut merupakan bahaya dapat merugikan kita semua.

Beberapa waktu lalu jajaran kepolisian seluruh Indonesia telah melakukan kegiatan penanaman pohon secara serentak termasuk wilayah Magelang dengan stage holder dengan segenap elemen masyarakat sebagai upaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sekaligus memimalisir polusi udara. Kebakaran bisa terjadi karena faktor alam dan non alam.

merupakan wujud nyata komitmen aparat keamanan dan pemerintah daerah dan para relawan dalam melindungi hutan dan lahan dari ancaman kebakaran yang dapat merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Dalam sambutannya, Kapolres Yolanda menegaskan bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan memerlukan upaya bersama dari semua pihak, termasuk masyarakat, untuk mencegah dan meminimalisir dampak buruk yang mungkin timbul.

kepada seluruh peserta apel gelar pasukan, AKBP Yolanda memberikan penekanan untuk mempersiapkan diri dengan dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi sehingga apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan kita Bersama siap menangani. Niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME dan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Hindari ego sektoral dalam pelaksanaan tugas karena dengan ini kita dapat mampu mengatasi kendala dilapangan. Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dalam proses penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Selesai apel gelar pasukan ini dilanjutkan pemeriksaan dan pengecekan kesiapan alat dan kendaraan yang akan di gunakan dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Kapolres Magelang Kota beserta stakholder terkait. Dimana seluruh petugas dari berbagai instasi dan relawan mengeluarkan alat, kendaraan serta petugas yang mengawaki.

Ditampilkan demonstrasi penggunaan alat dan personel yang akan terlibat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan. Berbagai peralatan pemadam kebakaran serta strategi penanggulangan yang akan diterapkan juga diperagakan dalam rangka memastikan semua pihak siap menghadapi situasi darurat.

Dengan semangat gotong royong dan kerja sama yang tinggi, Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Hukum Polres Magelang Kota siap melindungi lingkungan dan kekayaan alam dari ancaman kebakaran. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan untuk generasi yang akan datang. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *