Danrem 072/Pamungkas Hadiri Opening Ceremony Yogyakarta Gamelan Festival 2023

Yogyakarta, Perpek Media — Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo menghadiri acara Opening Ceremony Gamelan Festival 2023 bertempat di Stadion Kridosono Jl. Yos Sudarso No.9, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.( Minggu 20/8/2023)

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-28 kali ini mengusung tema “Gaung Gamelan” yang di ikuti oleh 1000 penggamel dari 40 kelompok karawitan di Yogyakarta, serta rangkaian Yogyakarta Gamelan Festival akan di laksanakan selama 3 hari di Pasar Ngasem Square tanggal 23 s.d 26 Agustus 2023.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya mengatakan bahwa Jogja Gamelan Festival ini bukanlah sekedar pentas seni semata, namun Jogja Gamelan Festival ini akan mengajak kita semua memasuki momentum pembelajaran hidup melalui harmoni irama, semua di lakukan dengan merenungkan makna secara mendalam sembari menikmati nada yang mengalun dari orkestrasi yang mengiringinya.

“Orkestrasi Gamelan sejatinya merupakan sebuah gambaran perjalanan luar biasa yang menghubungkan jiwa-jiwa dalam simpul keindahan selayaknya alunan Laras Slendro dan Pelo yang membentuk diri menuju irama keseimbangan hidup, inilah momentum istimewa dimana 1000 penggamel yang terpadu dalam 40 kelompok berupaya mewakili berjuta perasaan seiring irama gending yang memukul hati dan pikiran kita,” ungkapnya.

Harmonisasi itu akan menciptakan simfoni kehidupan yang tak terlupakan sekaligus menjadi portal pembelajaran hidup, memancarkan cahaya nilai-nilai edukasi dan pelestarian budaya, semoga juga Yogyakarta Gamelan Festival ke-28 ini memberikan hikmah dalam kemanusiaan mengajarkan kita akan keseimbangan harmoni dan keindahan dalam keberagaman.

“Semoga dengan acara ini kita semua mampu merangkai benang-benang warisan budaya menjadi daya tarik wisata bagi DIY dan menginspirasi kita untuk melangkah bijak menuju masa depan atas semua itu, saya ingin mengapresiasi setiap individu dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival ke-28 ini. Semua tangan yang bekerja selayaknya 1000 pengeras yang memainkan gamelan membentuk simfoni kerjasama yang tak terlupakan terima kasih atas dedikasi dan semangat Anda semuanya” Pungkasnya.

Sementara itu, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Joko Purnomo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa budaya merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, dari budaya inilah lahir peradaban besar manusia. Dengan keberagaman budaya, akan mengajarkan kita arti toleransi dan saling menghargai.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, Kajati DIY Ponco Hartanto, Kadis Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi, Kadis Pariwisata DIY Singgih Raharjo, dan Program Directer Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) Ari Wulu. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *