Pimpin Gelar Opsnal, Kapolda Jateng Intensifkan Koordinasi dalam Pengamanan Pemilu 2024

MAGELANG, Perpek Media – Polda Jateng – Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., memimpin Gelar Operasional Semester 1 tahun 2023 Jajaran Polda Jateng di Paramount Grand Ballroom Hotel Atria Magelang, Senin(11/9/2023).

Kegiatan ini diikuti Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng serta seluruh Kapolres dan kepala satuan (kasat) di lingkungan polres jajaran Polda Jateng.

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, menekankan pentingnya kesiapan personel Polda Jateng dalam mengamankan situasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang semakin mendekat.

Kapolda memberi arahan mengenai strategi pengamanan, penanganan potensi kerawanan, serta pentingnya sinergitas antara kepolisian dan instansi lain dalam mengamankan Pemilu.

“Gelar Opnal ini untuk melakukan evaluasi kinerja jajaran Polda jateng termasuk menyelaraskan rencana kegiatan yang akan datang dengan mengikutsertakan stakeholder terkait, seperti KPU maupun Bawaslu,” ujarnya.

Dalam acara gelar operasional itu, Kapolda Jateng juga mengapresiasi Polres dengan kinerja terbaik maupun peringatan kepada Polres yang kinerjanya belum maksimal.

Kapolda menambahkan pihaknya juga telah membentuk Satgas siber untuk melakukan Patroli di dunia maya untuk mengantisipasi pemberitaan yang bersifat hoax.

Disebutnya, anggota satgas siber terus memantau aktivitas dunia maya menjelang tahun politik gelaran Pemilu 2024.

Adapun anggota satgas siber, terang Kapolda, berasal dari sejumlah fungsi antara Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dan Humas Polda Jateng dengan kegiatan Virtual Police.

“Satgas cyber crime disiagakan untuk mengantisipasi penyebaran berita bohong di dunia maya yang dapat memperkeruh suasana di tengah masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Amin menjelaskan beberapa wilayah di 7 Kab/kota yang mempunyai indeks kerawanan Pemilu (IKP) tinggi.

Tinggi rendahnya level IKP pada setiap daerah, menjadi tanggung jawab kita semua guna meningkatkan kewaspadaan dalam mengawal dan mensuseskan pemilu dan pemilihan serentak 2024.

“Upaya Bawaslu yang saat ini kita lakukan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dan meningkatkan Kerjasama antar stakeholder terkait secara berjenjang dalam ikut mengawal dan mensukseskan pemilu dan pemilihan serentak 2024,” pungkasnya. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *