Polres Jakbar Sosialisasikan Langkah Pencegahan Kriminalitas Kepada Karyawan Alfamart

Jakarta, Perpek Media – Dalam upaya menanggulangi maraknya aksi kriminalitas terhadap pelaku usaha waralaba, khususnya di toko Alfamart, Polres Metro Jakarta Barat memberikan pengarahan intensif kepada para pegawai di wilayah cabang Cikokol.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan maksimal, para pegawai usaha Alfamart di wilayah cabang Cikokol mendapatkan pengarahan khusus terkait pencegahan pencurian, penggelapan, dan penyimpangan (fraud), Selasa, 5/12/2023.

Dalam sesi pengarahan tersebut, Polres Metro Jakarta Barat fokus pada peningkatan kesadaran dan kewaspadaan para pegawai Alfamart.

Melibatkan strategi pencegahan yang efektif, polisi memberikan wawasan mendalam terkait modus operandi yang umumnya digunakan oleh pelaku kejahatan di tempat-tempat seperti Alfamart.

Pentingnya kerjasama aktif antara para pegawai dan pihak kepolisian menjadi poin utama yang ditekankan.

Para pegawai diinstruksikan untuk mengadopsi protokol keamanan yang ketat, termasuk penerapan langkah-langkah preventif dan pemahaman mendalam terkait risiko yang mungkin timbul.

Wakapolres Metro Jakarta Barat Akbp Sarly Sollu Mengatakan, bahwa kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja oleh karena itu kita harus meningkatkan kewaspadaan dimana saja berada

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan harus diterapkan secara serius.

” Setiap pegawai perlu menjaga keamanan dengan meningkatkan kewaspadaan dan bekerja sama aktif dengan aparat kepolisian.” Ujar Sarly Sollu saat memberikan arahan, Selasa, 5/12/2023.

Di kesempatan yang sama Akbp P Sugiyo Pranoto selaku LPS menjelaskan terkait keamanan keamanan apa saja yang harus diperhatikan

Pengarahan tidak hanya terfokus pada aspek keamanan fisik tetapi juga membahas pentingnya mencegah potensi tindak kejahatan terkait penyimpangan (fraud) yang dapat merugikan usaha tersebut.

Upaya-upaya pencegahan seperti meningkatkan sistem keamanan CCTV, pelaporan cepat terhadap aktivitas mencurigakan, dan kerjasama dengan aparat kepolisian setempat menjadi bagian dari strategi yang dibahas dalam pengarahan tersebut.

Sementara Deputy Branch Manager M. TA’ALI MUSLIH mengatakan, sangat berterima kasih dengan adanya kolaborasi ini antara Polres Metro Jakarta Barat dengan Alfamart sehingga kegiatan edukasi yang baik ini dapat terlaksana dengan baik

Tentunya pengetahuan ini sangat baik bagi para karyawan maupun karyawati dari Alfamart

” Kegiatan edukasi ini sangat lah baik setidaknya mereka memiliki gambaran hukum dan hal apa saja yang harus di lakukan jikalau nantinya ada hal kejadian Kriminal di lingkungan pekerjaan,” ucapnya

Kasat reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Andri Kurniawan yang dalam hal ini diwakili oleh kanit krimum Akp Edy Wibowo dan Kanit Resmob Akp Boby Subasri menjelaskan, dimana beberapa tindak kriminal yang sering terjadi di tempat usaha Alfamart diantaranya tindak pidana pencurian, Penggelapan dalam jabatan dan penipuan

Selain itu kami juga memberikan tips untuk mencegah hal-hal terjadinya potensi kejahatan di Alfamart diantaranya Memahami Gelagat Orang yang Memiliki Niat
Jahat, Memajang Tulisan Peringatan & Pengaturan Tata Letak Barang, Pasang Cermin Besar di Dinding & Gunakan
Pencahayaan Terang, Barang yang Mahal di Dekat Kasir, Atur Tugas Pengawasan oleh Karyawan dan Melakukan
Stock Opname, Pasang CCTV dengan Kualitas Terbaik di Berbagai Titik dan Audit Internal Berkala

Diharapkan, dengan pengarahan ini, para pegawai Alfamart dapat lebih siap dan mampu menghadapi potensi ancaman kejahatan, menciptakan lingkungan yang lebih aman, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (*/AT)

Mungkin Anda Menyukai