DPC PERADI MAGELANG Ikut Pecahkan Rekor MURI “Tarian Sluku-sluku Bathok Polres Magelang Kota”

Magelang, Perpek.com — Beragam kegiatan digelar pihak Polres Magelang Kota, Polda Jateng guna memeriahkan HUT ke-77 Bhayangkara.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan dengan menggelar Tarian “Sluku-sluku Bathok Polres Magelang Kota di gelar Alun-alun Kota Magelang, Minggu, 2 Juli 2023 pagi. Tarian Sluku- sluku Bathok ini sangat meriah dan luar biasa, dengan Spektakuler berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (Muri).

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda E Sebayang bersama Walikota Magelang dr Azis menerima piagam rekor MURI Dunia atas pagelaran tarian budaya Sluku-sluku Bathok terbanyak peserta, dalam perayaan Hari Bhayangkara ke-77 di Alun-alun Kota Magelang, dengan jumlah penari Sluku-sluku Bathok sebanyak 14 ribu lebih peserta. Para peserta yang hadir dalam acara tidak hanya dari komunitas tari saja tetapi masyarakat lain umum pun antusias memeriahkan, Jajaran Pengurus DPC PERADI Magelang beserta Angotanya, dan instansi lain yang ada di kota Magelang dan Kabupaten seperti BUMN, hingga institusi militer seperti Kodim 0705 Magelang, Yonarmed 3 Naga Pakca, Yonarmed 11 Kostrad dan Akmil.
Gubernur Akmil dan para Danyon satuan militer juga ikut sebagai peserta penari Sluku-sluku bersama Walikota Magelang, Sekda Kabupaten Magelang dan Forkopimda.

Para peserta masing-masing membawa bathok dan mengenakan pakaian tradisional terunik. Bagi peserta yang berbusana terunik memperoleh hadiah menarik dari panitia penyelenggara.

Polres Magelang Kota juga menyuguhkan aneka makanan tradisional dan minuman Jamu sehat, dan beragam mainan tradisional yang dihadiri para seniman dan budayawan nasional seperti, Sujiwo Tejo, Butet Kertaredjasa, Inayah Wahid, Nasirun dan yang lainnya.

Tokoh agama Kota Magelang dan Kabupaten Magelang juga turut hadir seperti KH Gus Yusuf, dan juga Dr. K.H. Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus pimpinan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang.

Sejarah Tarian Sluku-sluku Bathok merupakan tarian zaman Sunan Kalijaga. Tarian yang merupakan tembang Jawa yang sudah tidak awan dimasyarakat dengan kombinasi gerakan dan dolanan bathok

Liriknya lagu yang menyimpan banyak filosofi cerita kehidupan dalam masyarakat Jawa, khususnya Demak, dan juga ajaran Islam tentang pentingnya keseimbangan jiwa dan raga, batin dan lahir, rohani dan jasmani.

Selaku Ketua DPC PERADI Magelang Ida Wahidatul Hasanah, S.H, M.H mengucapkan salam PRESISI selamat HUT BHAYANGKARA KE 77 semoga POLRI makin Jaya dan selamat untuk Srikandi Kapolres Magelang Kota Ibu Yolanda E Sebayang dalam prestasi tingkat nasional bahkan dunia yg berhasil mengadakan kegiatan yg mampu merangkul dan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat kota magelang untuk bersama-sama membuat prestasi tingkat nasional bahkan tingkat dunia. Dalam kurun waktu 2 tahun berturut2 berhasil memecahkan rekor MURI 2 kali sukses selalu utk kapolres beserta jajaran. (Ikh).

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “DPC PERADI MAGELANG Ikut Pecahkan Rekor MURI “Tarian Sluku-sluku Bathok Polres Magelang Kota”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *