Bhabinkamtibmas Desa Banjarnegoro Hadir dan Ikuti Musrenbangdes

MAGELANG, Perpek Media– Dalam rangka mempersiapkan dan mengalokasikan penggunaan keuangan desa di Tahun Anggaran 2024, setiap desa di Kabupaten Magelang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di tahun 2023 ini. Seperti dilakukan oleh Pemerintah Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, dengan mengambil tempat di Home Stay desa setempat, Kamis (03/08/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh Tim Musrenbangdes Kecamatan Mertoyudan tersebut melibatkan beberapa unsur yang ada di Desa Banjarnegoro. Yaitu Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Ketua BPD, dan Ketua LPMD. Diikuti oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Banjarnegoro, Bidan Desa, Kepala SD, Kepala PAUD, Kepala MI, dan Pendamping Desa.

Selain itu tampak pula sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, Ketua PKK Desa Banjarnegoro beserta anggota, perwakilan Kader Posyandu, dan perwakilan dari pengelola Bank Sampah.

Bhabinkamtibmas Desa Banjarnegoro Aipda Sobri Abdul A. menjelaskan, dirinya hadir selain memastikan kegiatan berjalan aman dan lancar juga untuk mengetahui materi dan hasil musyawarah. Dijelaskan personel Polsek Mertoyudan Polresta Magelang ini, dalam Musrenbangdes tersebut disepakati sejumlah rencana pembangunan untuk Tahun Anggaran 2024.

“Jadi ada beberapa rencana pembangunan yang diusulkan untuk Tahun Anggaran 2024. Baik itu pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik,” ujarnya.

Aipda Sobri menyebutkan untuk pembangunan fisik yang dimusyawarahkan dan diusulkan untuk Tahun Anggaran 2024 yaitu pekerjaan pembangunan gorong-gorong, rabat beton jalan, dan pembangunan selokan di dusun atau lokasi yang sudah disepakati.

“Sementara untuk pembangunan non fisik, dianggarkan untuk kegiatan penanganan stunting, Bantuan Langsung Tunai (BLT) warga kurang mampu, bantuan peternakan ayam, pendataan penanggulangan kemiskinan ekstrem, dan bantuan untuk bank sampah,” sebut Aipda Sobri.

Di tempat terpisah, Kapolsek Mertoyudan Polresta Magelang Polda Jateng AKP Winadi, S.H. mengatakan, Bhabinkamtibmas harus selalu ada di tengah-tengah masyarakat di wilayah binaannya. Termasuk mengikuti kegiatan dan acara yang dilaksanakan pihak pemerintah desa setempat.

“Dengan demikian, Bhabinkamtibmas dapat mengetahui langsung dinamika yang terjadi di desa binaan. Serta dapat memberikan kontribusi positif dan konstruktif sesuai kapasitasnya kepada pemerintah desa dan masyarakatnya. Sehingga desa binaannya dapat lebih maju, masyarakatnya berkembang, dan sejahtera, dalam situasi kamtibmas yang kondusif dan berkelanjutan,” kata AKP Winadi, S.H. (red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *