Lestarikan Negeri, Polresta Magelang Lakukan Penanaman Pohon Di TNGM

Magelang — Dalam upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta menghijaukan wilayah sejak dini, Polresta Magelang melaksanakan penanaman pohon secara serentak di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero, Srumbung Kabupaten Magelang pada, Rabu (23/08/2023) pagi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Asosiasi Kepala Kepolisian ASEAN (AMMTC) ke-17 yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 24 Agustus 2023 di Labuan Bajo. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

“Kami berkomitmen untuk ikut serta dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan kontribusi positif untuk negeri. Kegiatan penanaman pohon ini adalah salah satu wujud dari tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”,” ungkap Kapolresta Magelang.

Selain Kapolresta Magelang kegiatan ini juga dihadiri Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H., serta sejumlah pejabat utama Polresta Magelang, para Kapolsek, Kasat, Kasi dan personil Polri lainnya.

Turut hadir Camat Srumbung bapak Budi Riyanto, S.Sos, Danramil Srumbung Kapt Imam Ari Setiawan, Ka TNGM Resor Srumbung bapak Ali Machfudi, S.Pi.,M.Sc., Ketua Relawan Peduli Merapi bapk Suharno, S.Sos, Ketua Forum Merapi Merbabu bapak Jatmiko, serta warga masyarakat sekitar lokasi.

Kapolresta Magelang menyampaikan bahwa bapak Kapolri beserta kepala kepolisian dari negara-negara anggota AMMTC juga turut ambil bagian dalam penanaman pohon serentak ini. Acara serupa juga diadakan secara hibrid di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Sebanyak 1000 pohon telah ditanam dalam kegiatan ini, bekerja sama dengan Dinas Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), tokoh masyarakat, dan pemerhati lingkungan hidup. Jenis tanaman yang ditanam dipilih berdasarkan karakteristik wilayah di lereng Gunung Merapi, terdiri dari tanaman produktif keras dan buah-buahan seperti Pohon Karet, Cempogo, Berasan, Sersat, Tabepuya, Akasia, Sengon, Jambu biji, Gayam dan Puspo,”jelas Kombes Pol Ruruh.

Perwakilan dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada bapak Kapolresta Magelang yang telah menginisiasi dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon, “Semoga upaya ini bisa dilanjutkan oleh masyarakat luas untuk menghijaukan lingkungan sekitar masing-masing,” ucap Kasi Wil 1 Magelang saudra Sutris Haryanta.

Dilokasi yang sama perwakilan warga masyarakat Desa Ngargosoka menyampaikan terimakasih kepada bapak Kapolresta Magelang atas pemberian tanaman pohon untuk ditanam di kawasan TNGM sebagai penghijauan, agar kedepan bisa subur dan menghasilkan air yang melimpah sehingga tidak kekurangan air atau kekeringan, “Kami berharap kedepan kegiatan ini bisa berlanjut serta ditiru oleh warga masyarakat yang lain,” ujar saudara Wanto.

Masih dilokasi yang sama para Mahasiswa dari UNS Fakultas Biologi juga turut serta ambil bagian dalam penanaman pohon untuk kelestarian alam ini.

“Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan penanaman yang dilaksanakan oleh bapak Kapolresta Magelang dan jajarannya yang telah menghijaukan kembali area Owa Jurangjero, yang menjadi Concern saat ini yaitu Polusi udara tentunya dengan pelaksanaan kegiatan ini sangat membantu untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut,” tandas Rian Aditya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, Polri dapat turut berperan dalam menjaga keberlanjutan alam dan memberikan contoh positif dalam penghijauan serta perlindungan lingkungan hidup bagi generasi mendatang. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *