Buktikan Komitmen Cinta Akan Budaya, Warga Rawa Belong Buat Festival Gebyar Budaya 2023

Jakarta, Perpek Media – Dikawasan sekitar Jalan Salam, Rawa Belong Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat diketahui adalah sebagai jalur alternatif yang sangat ramai akan lalu lintas kendaraan roda dua hingga roda empat khususnya warga sekitar wilayah setempat yang melakukan aktivitasnya sehari-hari. Kali ini jalan Salam diketahui menjadi pusat perhatian warga sekitar sebagai lambang semangat mendukung Rawa Belong sebagai Destinasi Wisata Budaya Betawi dengan nama Kampung Silat karena banyaknya perguruan silat Betawi di daerah tersebut.

Perlu diketahui belum lama ini, warga sekitar adakan sebuah Festival Gebyar Budaya Betawi, pada acara tersebut berhasil menghadirkan warga sekitar untuk semarakkan akan cinta budaya Betawi. Acara Festival Budaya Betawi ini diketahui berlangsung selama dua hari pada hari Sabtu & Minggu 23 S/d 24 September 2023.

Dalam pantauan awak media, Festival Budaya sudah berhasil memukau dengan mendatangkan ratusan pengunjung dari berbagai penjuru antar kampung yang berada di wilayah Jakarta Barat. Festival budaya ini memang biasanya setahun sekali digelar yang berlokasi di Jalan Salam Raya RW 06, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dalam sebuah pemilihan lokasi acara Festival tersebut diketahui bukan hanya kebetulan, karena nama sebuah Jalan Salam daerah Rawa Belong ini adalah jalan yang memiliki jalur alternatif yang dapat menembus menuju jalan Panjang, hingga antar Kelurahan yang berada di Kecamatan Kebon Jeruk – Jakarta Barat yang mudah diakses oleh berbagai kalangan.

Suasana pada acara festival budaya tersebut semakin sore semakin meriah, terlihat di sekitar Jalan Salam Rawa Belong ini semakin sore pengunjung berdatangan selama acara festival budaya yang berlangsung dalam dua hari tersebut. Sejumlah warga sekitar pun terlihat oleh awak media ikut serta dalam memeriahkan Gebyar Festival Budaya 2023 ini.

Dalam acara seremonial flasmob terlihat dari puluhan para peserta perguruan silat cingkrik rawa Belong, yang dikenal sebagai perguruan Percira Rawa Belong, saat tampil membuat warga sangat terpukau dan sangat berhasil menarik perhatian sejumlah tamu undangan. Salah satunya ada yang hadir, yaitu anggota senator Dewan DPD RI Hj. Fahira Fahmi Idris, SE, MH dan warga kurang lebih hampir 1.000 penonton menyaksikan aksi para pesilat tersebut.

Festival budaya ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh terkenal dan pejabat wilayah, dan para Guru Besar dari beberapa perguruan. Antara lain dari perguruan Cingkrik Babe Manaf Cingkrik S3, Babe Mar’ali Cingkrik Ki Goning, serta Ketua Siraturahmi Gerak Haji Efendi, Bang Amma Guru Gerak Rasa, Babe Udin Guru Gerak Saka, Ketua Yayasan Si Pitung Khotib H Murodhi, dan masih banyak lainnya.

Gebyar Festival Budaya ini berfungsi sebagai platform penting untuk mempromosikan dan melestarikan seni budaya Betawi, dengan sorotan utama pada seremonial flasmob dengan silat Betawi yang mengesankan sehingga menjadi simbol kearifan lokal Betawi di Rawa Belong yang harus tetap dilestarikan.

Festival budaya ini juga bukan hanya silat Betawi, akan tetapi masih banyak yang menampilkan penampilan istimewa, seperti Silat Betawi, Gamblong, Gerak Saka, Tarung Gulung, Beksi, Tari Betawi, Ondel-ondel, Palang Pintu, Marawis Hadro, band Betawi, hiburan dari Nyak Kopsah, Pengky, Ucup Jambul, Amel Comel, dan senam sejumlah ara ibu – ibu warga sekitar yang sangat memukau pada Minggu pagi.

Saat ditemui Ketua panitia acara, Muhamad Fauzi, SE (Bang Ozzy) mengatakan, “Banyak terima kasih kepada semua warga, semua pihak yang telah berkontribusi, termasuk Karang Taruna, Citra Bhayangkara, Bimas, dan Babinsa, Ormas Bang JAPAR serta sejumlah para tokoh masyarakat, guru silat dan para pecinta budaya, serta pihak berwenang Tiga Pilar Wilayah Jakarta Barat” ungkapnya kepada awak media.

Selanjutnya Ozzy juga menekankan bahwa kekayaan budaya Betawi adalah aset berharga yang perlu dilestarikan dan dirayakan bersama. Melalui festival ini, mereka berharap masyarakat dapat lebih menghargai warisan budaya lokal dan mendukung upaya pelestariannya, “Acara ini menjadi langkah awal yang berarti dalam menjadikan wilayah Rawa Belong sebagai destinasi wisata budaya Kampung Silat Rawa Belong” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua RW 06 Sukabumi Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat, Bapak Chairudin menyampaikan, “Puji syukur atas bahwasanya Acara Festival Gebyar Budaya Betawi di Jalan Salam, rawa belong ini alhamdulilah telah berjalan dengan baik, lancar, dan aman, serta mendapatkan respon positif dari masyarakat, khususnya warga RW 06. Semoga acara Festival Gebyar Budaya Betawi Jalan Salam bisa dilanjutkan dan menjadi agenda tahunan di wilayah tersebut” katanya.

Selanjutnya ia mengatakan, meskipun ini adalah pertama kalinya acara berlangsung selama dua hari ini dengan konsep kebudayaan Betawi, antusiasme warga, khususnya warga RW 06 Kelurahan Sukabumi Utara, membuktikan potensi besar dalam mempromosikan budaya Betawi. Panitia berkomitmen untuk terus mendukung usaha menjadikan wilayah Rawa Belong sebagai destinasi wisata budaya Betawi Kampung Silat Rawa Belong yang diakui oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta. (AT)

Mungkin Anda Menyukai

11 tanggapan untuk “Buktikan Komitmen Cinta Akan Budaya, Warga Rawa Belong Buat Festival Gebyar Budaya 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *