Peduli Kesehatan Personel, Polresta Magelang Periksa Kesehatan Pejabat Utama

Magelang, Perpek Media – Dalam rangka menjaga kesehatan fisik personel Polri agar selalu prima dalam menjalankan tugas-tugas kepolisiannya, maka perlu diadakan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Seperti halnya yang dilakukan oleh Polresta Magelang Polda Jawa Tengah dalam pemeriksaan kesehatan (Rikkes) kepada seluruh Pejabat Utama Polresta Magelang. Kegiatan bertempat di Lobby Polresta Magelang, pada Kamis (07/09/2023) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K, S.H., M.H., Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H., beserta Pejabat Utama meliputi para Kabag, Kasat, Kasi dan Ka SPKT Polresta Magelang.

Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., menuturkan bahwa kegiatan Rikkes yang dilaksanakan oleh Siddokkes Polresta Magelang bekerjasama dengan Laboratorium Kesehatan Pemda Kabupaten Magelang. Pemeriksaan kesehatan secara berkala ini dilakukan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian secara optimal.

“Bekerjasama dengan Laboratorium Kesehatan Pemda Kabupaten Magelang, pemeriksanaan kesehatan berkala ini dilakukan dalam rangka memelihara kesehatan personel. Serta memantau kondisi kesehatan anggota Polri Polresta Magelang untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian secara optimal,” jelasnya.

Kapolresta Magelang menandaskan, tujuan utama dilakukannya Rikkes ini supaya personel lebih peduli terhadap kesehatan masing-masing.

“Bahkan diusahakan bisa mandiri melakukan Rikkes. Jangan ketika sakit baru terdorong untuk periksa kesehatan,” tandas KBP Ruruh.

Rikkes diawali dengan observasi tanda-tanda vital seperti pemeriksaan tekanan darah dan nadi, kemudian dilakukan pemeriksaan riwayat penyakit dan pengambilan sample darah untuk keperluan tes kimia darah. Sebagai upaya mendeteksi adanya penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Sehingga nantinya dapat segera diambil tindakan medis yang tepat.

Kasiddokkes Polresta Magelang, Iptu Dwi Haryanto, A.Mk di lokasi yang terpisah menjelaskan bahwa kegiatan Rikkes dilakukan sebagai tindak lanjut dari laporan yang masuk mengenai adanya beberapa personel Polri yang jatuh sakit. Maka dilakukan Rikkes bagi seluruh Pejabat Utama Polresta Magelang.

“Dengan harapan para Pejabat Utama dapat dijadikan panutan oleh para anggotanya dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan,” terangnya.

Iptu Dwi Haryanto mengatakan, sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pimpinan khususnya Bapak Kapolresta, maka dilakukan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala kepada seluruh Pejabat Utama Polresta Magelang sejumlah 21 orang.

“Hal ini bertujuan agar para PJU dapat dijadikan panutan oleh anggotanya dalam memperhatikan kesehatannya. Untuk dapat melaksanakan tugas kepolisian dengan kondisi fisik yang siap dan prima,” ungkap Iptu Dwi Haryanto, A.Mk.

Sementara Kasat Narkoba Polresta Magelang sebagai salah satu Pejabat Utama yang melakukan pemeriksaan kesehatan turut menyampaikan apresiasi kegiatan Rikkes yang ke depannya akan diselenggarakan secara rutin selama sebulan sekali.

“Kegiatan ini tentunya sangat baik dan bermanfaat karena dalam menjalankan tugas kepolisian yang padat terkadang personel Polri menjadi abai terhadap kondisi kesehatannya. Sehingga dengan adanya pemeriksaan kesehatan berkala ini, diharapkan personel Polri bisa lebih mawas diri terhadap kondisi kesehatannya. Agar terhindar dari masalah kesehatan,” ujar Kompol Willy Budiyanto, S.H.

Dengan terlaksananya kegiatan pemeriksaan kesehatan secara baik dan lancar, diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan untuk membantu mengantisipasi potensi masalah kesehatan yang mungkin berpengaruh terhadap kinerja personel Polri. Serta memberikan perawatan yang tepat dan segera bagi personel Polri Polresta Magelang agar dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *