Raih Prestasi Gemilang, Maria Shevanda Sampaikan Terima Kasih ke Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M.

Jakarta, Perpek Media – Untuk mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda dengan merespon gagasan inovatif dari para generasi muda saat ini, Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) mengadakan pemilihan Duta Maritim Indonesia. Duta Maritim Indonesia diselenggarakan sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan mengenai kemaritiman dan pengetahuan terkait pengembangan ekonomi berbasis masyarakat pesisir.

ASPEKSINDO merupakan organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah Pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga, dihadiri beberapa tamu kepala daerah lainnya dan 100 peserta program Duta Maritim Indonesia, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, setelah melalui proses karantina dari tanggal 11 hingga 17 Agustus 2023.

Selama di karantina, peserta menerima beragam materi terkait kemaritiman dan juga melaksanakan beberapa pelatihan khusus bertujuan untuk membangun karakter para finalis sebagai duta. Di mana para peserta memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandi Uno, bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, serta melakukan kunjungan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Kompetisi ini menampilkan 100 peserta berbakat dari berbagai daerah di Indonesia, setelah melalui seleksi yang diikuti lebih dari 600 peserta yang mendaftar dari berbagai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Melalui dedikasi dan bakat yang luar biasa, Maria Shevanda Christiani Putriyogatama, mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG Surabaya), delegasi dari Surabaya, Jawa Timur berhasil menyingkirkan para finalis lainnya hingga meraih posisi Juara 3 dalam kategori broadcast yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2023 didepan Bundaran HI, Jakarta.

Maria Shevanda, menarik perhatian juri karena memiliki tingkat keterlibatan yang sangat tinggi dan luas dalam melaporkan berita selama acara karantina Duta Maritim dengan memberikan capaian jumlah berita sekitar 200 link berita tentang dirinya dan kegiatan ajang Duta Maritim Indonesia 2023.

Dalam kesempatan itu Maria Shevanda mengatakan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilaluinya sebelum akhirnya dirinya bisa meraih Juara 3 kategori broadcast dalam Duta Maritim Indonesia.

“Saya mengikuti ajang Duta Maritim Indonesia 2023 ini, atas keinginan saya sendiri. Saya berjuang dari tahap pendaftaran, seleksi, lolos seleksi, karantina, hingga puncak final dan awarding pemilihan Duta Maritim Indonesia 2023. Dengan tujuan untuk memperluas relasi, meningkatkan kualitas diri, melatih keberanian dalam ajang nasional, menambah wawasan mengenai kemaritiman, dan ingin mengambil bagian dalam membangun masyarakat di kawasan kepulauan dan pesisir,” kata gadis ayu ini, Rabu (6/9).

Selama karantina, Maria Shevanda, berusaha untuk memberikan yang terbaik, tidak hanya dengan memiliki public speaking yang baik dan banyak memberikan pendapat. Melainkan attitude yang baik juga sangat diperlukan dalam ajang perlombaan, sikap optimis, percaya diri dan fokus pada diri sendiri tanpa menjatuhkan orang lain juga sangat penting.

“Saya sangat berterimakasih kepada Tuhan yang Maha Esa, karena berkat rahmatNya saya diberikan kesehatan sehingga dapat mengikuti ajang Duta Maritim Indonesia 2023 dengan baik. Saya juga berterimakasih kepada orang tua dan keluarga besar saya, yang ikut serta mendukung hingga membantu persiapan sebelum karantina,” katanya.

Dia juga berterimakasih kepada Danlantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., M.M. yang mendukung penuh dalam ajang Duta Maritim Indonesia. Juga kepada pihak kampus UNTAG Surabaya terutama Prodi Psikologi, yang membantu serta mendukungnya, serta teman-teman yang juga terus memberi dorongan semangat.

“Terimakasih pula kepada media partner berita yang turut mendukung dengan memberitakan tentang diri saya selama kegiatan Duta Maritim Indonesia hingga ke seluruh Indonesia. Hingga saya dapat memberikan yang terbaik dengan meraih Juara 3 kategori broadcast, terimakasih banyak semuanya,” ungkap Maria Shevanda.

Prestasi gemilang Maria Shevanda sebagai Juara 3 dalam kategori broadcast Duta Maritim Indonesia adalah bukti dari talenta berbakat yang dimiliki generasi muda Indonesia dalam memajukan sektor maritim negara ini.(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *