Presiden RI Didampingi Menhan Prabowo Resmikan Dua Rumah Sakit TNI Di Surabaya

Surabaya, perpek Media – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan 2 Rumah Sakit (RS) TNI di RS. Tk. III Brawijaya dan RSAL Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

“Peningkatan dalam bidang kesehatan harus menjadi prioritas dalam pertahanan negara. Upaya tersebut ditindaklanjuti dengan peningkatan kemampuan pelayanan RS Tk III Brawijaya dengan kapasitas total 133 bed, 4 ruang VVIP/VIP, 10 bed ICU, 7 ruangan MCU, 14 ruangan poli, 2 unit ruang transfusi darah, 2 unit ruang kebidanan, 2 unit ruangan laboratorium, 2 unit ruangan sterilisasi, 2 unit ruangan farmasi dan 6 unit ruangan operasi,” kata Menhan Prabowo saat menyampaikan laporan kepada Presiden.

Sementara itu, kemampuan pelayanan RS Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal juga telah ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya memiliki kapasitas 20 bed dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama rawat inap menjadi berkapasitas 100 bed dilengkapi 6 ruangan VVIP/VIP, 16 unit ruangan kelas I, 13 ruangan kelas standar, 7 ruangan ICU, 3 ruangan operasi dan 11 poliklinik.

Program Kementerian Pertahanan dalam bidang kesehatan ini secara keseluruhan adalah program dalam rangka pembangunan peningkatan kemampuan pelayanan pada 25 rumah sakit jajaran Kemhan/TNI, serta peningkatan kapabilitas RSPAD dengan pembangunan Proton Beam untuk penanganan cancer dengan teknologi Proton. Khusus untuk pembangunan fasilitas Proton Beam ini adalah merupakan salah satu pelayanan kesehatan terbaik di kawasan Asia Tenggara saat ini.

Peningkatan pelayanan fasilitas rumah sakit Kemhan/TNI yang dicanangkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo juga merupakan upaya peningkatan pelayanan di bidang kesehatan untuk prajurit serta masyarakat umum.

“Salah satu indikator kemajuan dan kesejahteraan bangsa dapat diukur dari pencapaian tingkat kesehatan melalui pelayanan kesehatan yang optimal. Wujud nyata Kementerian Pertahanan dalam memberikan dukungan kesehatan sebagai salah satu komponen pertahanan negara adalah dengan semakin luas dan terbukanya akses pelayanan kesehatan,” tegas Menhan.

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit (RS) Kemhan/TNI di RS. Tk. III Brawijaya dan RS Tk II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal. Hal tersebut menandai secara resmi pengoperasian dua rumah sakit tersebut. Selain peresmian dan penandatangan prasasti, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo melakukan meninjau ruang rawat inap, ruang operasi, ruang Medical Check Up (MCU), dan ruang poli Rumah Sakit Tk. III Brawijaya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Presiden RI Didampingi Menhan Prabowo Resmikan Dua Rumah Sakit TNI Di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *