Wali kota Jakbar Bersyukur Atas Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2023

Jakarta, Perpek Media – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023, kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Selasa (19/12). Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga kepada Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto di Gedung Metro TV.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengaku sangat bersyukur atas penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) terkait masalah gender. 

“Alhamdulillah, Jakarta Barat mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA terkait masalah Pengarusutamaan Gender (PUG),” tuturnya yang didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Amien Haji, Kepala Suban Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Barat selaku Ketua Pokja PUG, Ichsan Tasik dan Kepala Sudin Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP ) Kota Jakarta Barat, Aswarni. 

Dijelaskan Uus, Pemkot Jakbar selalu mengutamakan kesetaraan gender dalam bidang pembangunan. Sehingga setiap program pembangunan di wilayah Kota Jakarta Barat, selalu memberdayakan perempuan dalam berbagai kegiatan dan aktivitas. 

“Sudah barang tentu kita sudah mengutamakan dan mengacu pada kebijakan Pemprov DKI Jakarta, bahwa setiap aktivitas dan kegiatan pembangunan selalu mengutamakan masalah gender. Tentunya itu disesuaikan dengan kapasitas dan kapabilitas dari teman-teman yang ada di lingkungan Pemkot Jakarta Barat,” jelasnya.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, menambahkan bahwa penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA mengalami peningkatan, tepatnya naik dua tingkat, dari kategori Pratama menjadi Nindya.   

Untuk diketahui, Parahita Ekapraya merupakan penganugerahaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dan pemkab/kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan kementerian lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan  kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan yang telah dilakukan sejak tahun 2004.

Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUGTahun 2022 yang telah disampaikan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Pada tahun 2023, terdapat 360 Instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kab/Kota) yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui Evaluasi Mandiri.

Dari hasil Evaluasi Mandiri dilakukan Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan Verifikasi Akhir. Hasil Verifikasi Akhir terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 25 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota yang menerima Penganugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023. (*/Why/Red)

Mungkin Anda Menyukai