LBH PISAU dan FWJ Indonesia Wujudkan Bersama Membangun Bangsa di SMAN 1 Parungpanjang

Bogor, Perpek Media – Kepala Sekolah SMAN 1 Parungpanjang, dr. Dudung Nurullah Koswara M.Pd menggandeng Lembaga Bantuan Hukum Pembela Independensi Suara Ajudikasi Urgensi (LBH PISAU) dan Forum Wartawan Jaya Indonesia (FWJI) yakni, berkolaborasi mengadakan Konsolidasi Edukasi Hukum Bermasyarakat dan Fungsi Jurnalis, Jumat (10/11/2023) pukul 08.00 s/d 11.00 WIB.

Ketua Umum LBH Pisau, Puguh Triwibowo ST.,SH.,MH sebagai narasumber memberikan penyuluhan hukum terkait permasalahan Kenakalan Remaja & Peran Serta Orang Tua, “Kenakalan Remaja harus diberikan secara disiplin atau ditertibkan melalui pendidikan di sekolah, ditanamkan kedisiplinan sejak dini supaya murid tidak mudah memberontak terhadap guru maupun orang tua, menerapkan hukum, sanksi jika indisipliner dalam perbuataannya di sekolah ataupun di luar sekolah” ujar pria yang akrab disapa Puguh Kribo kepada awak media.

Lebih lanjut, Puguh Kribo mengatakan bahwa LBH Pisau melalui penyuluhan hukumnya berharap siswa-siswi yang belajar di SMAN 1 Parung Panjang dapat memahami hukum yang mendasar sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Di tempat yang sama, menurut Dudung acara yang berlangsung bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional ini adalah kerjasama atau kemitraan suatu kolaborasi dengan pihak-pihak exsternal dari Sekolah, kemudian dengan pihak FWJI, LBH Pisau serta sahabat dari TNI dan Polri, “Kita berkolaborasi terutama memberikan penguatan terhadap anak didik, agar sadar hukum dan sadar pemberitaan” jelasnya.

“Pada dasarnya kita mengedukasi anak didik kita, bagi calon masa depan yang kelak menjadi orang dewasa, mereka akan menjadi masyakarat yang baik. Diantaranya ada penguatan materi jurnalistik (kewartawanan, pemberitaan) kemudian materi tentang hukum dari LBH Pisau” lanjut Dudung.

Dikesempatan yang sama, Komite Sekolah Ujang Sutisna mengapresiasi atas terselenggaranya Konsolidasi Edukasi Hukum Bermasyarakat dan Fungsi Jurnalis di halaman SMAN 1 Parungpanjang Jl. Raya Sudamanik Km. 7, Jagabaya, Parung Panjang, Jagabaya, Kec. Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Saya banyak berterima kasih dengan adanya pembinaan dan didikan bagi siswa/i di SMAN 1 Parungpanjang, dalam pembelajaran hukum dan jurnalis. Satu diantaranya, Mudah-mudahan anak-anak kami bisa menggeluti dalam profesi pengacara dan jurnalis” ungkapnya.

Selanjutnya, Briptu Indra Muhammad Zaelan, Bimas Polsek Parungpanjang mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat baik, sangat bermanfaat terhadap siswa/i untuk mengenal tentang hukum dan jurnalis. “Manfaat edukasi ini sangat baik sekali, dimana agar menjadi bekal untuk anak-anak kita. Agar kedepan ada gambaran mana yang salah dan benar” katanya.

“Selama ini kenakalan remaja di Parungpanjang masih terkendali, sudah berkurang kejadian seperti tawuran. Terakhir itu mungkin beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah sekarang sudah berkurang, semoga kedepan sudah tidak ada” tambahnya.

Selain itu, Babinsa Serka Ryan dari Koramil 0621-23/Parungpanjang berharap kolaborasi mengadakan acara penyuluhan hukum dan fungsi jurnalis bisa diadakan setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan lancar. Mungkin setiap tahun bisa diadakan acara seperti ini, karena memang disatu sisi disini membangkitkan, siswa-siswi atas kesadaran akan apa yang bisa dilakukan dan tidak dilakukan jadi siswa-siswi ini mengetahui” harapnya. (Mai)

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “LBH PISAU dan FWJ Indonesia Wujudkan Bersama Membangun Bangsa di SMAN 1 Parungpanjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *