Menhan Prabowo Resmikan 12 Sumber Titik Air Di Pamekasan Madura, Jawa Timur

Madura, Perpek Media – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto secara serentak meresmikan 12 titik air di 5 kecamatan di Pamekasan Madura, Jawa Timur. Peresmian digelar di Dusun Kembang 1 Desa Palengaan Daya, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (26/11/2023).

“Hari ini saya berbahagia dan bersyukur dapat hadir di Kabupaten Pamekasan dan dapat menyerahkan secara resmi bantuan ini,” ujar Menhan di awal sambutannya.

Menhan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras dari berbagai unsur baik Rektor Unhan RI, Dekan, para Insinyur dan Teknik sehingga 12 titik air telah mengalir dan dapat dirasakan manfaatnya. “Saya mendapat laporan kurang lebih hampir 10 ribu warga Pamekasan sudah tidak mengalami kesulitan air lagi,” tegas Menhan.

Namun Menhan Prabowo menambahkan masih ada di 15 titik di dusun-dusun yang saat ini masih ditindaklanjuti. Harapannya, sekitar satu bulan lagi 15 titik lainnya dapat segera mengalir. “Kita akan terus bekerja dan memberi manfaat baik di daerah Jawa Barat, Banten dan daerah-daerah lain di luar Jawa, untuk meningkatkan kemampuan kita,” sambungnya.

Menhan Prabowo juga berharap komando teritorial dan kepolisian dapat membantu di daerah-daerah pantai. “Daerah tersebut ternyata banyak sumber air yang keluarnya di tepi pantai, di laut. Ada yang 100 meter, 30 meter, ada yang sampai 1 kilo, keluarnya di laut,” sebut Menhan.

Untuk itu, Menhan menginginkan agar Danramil, Babinsa, serta Bhabinkamtibmas bisa dikerahkan untuk terjun langsung ke masyarakat.

Proyek air bersih bantuan Kemhan tersebut dikerjakan oleh Satgas Air Bersih Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) yang dibentuk dan mendapatkan tugas dari Menhan Prabowo untuk memetakan wilayah yang sering mengalami kekeringan dan membantu membuatkan sumur bor beserta sarana prasarananya.

“Mulai tahun lalu Unhan RI diperintahkan oleh Menhan Prabowo agar kegiatan pengabdian masyarakat difokuskan untuk memberikan bantuan terhadap daerah-daerah yang sering mengalami kekeringan,” kata Rektor Unhan RI dalam acara tersebut.

Total peresmian 12 titik air tersebut di antaranya 3 titik di Kecamatan Pegantenan, 2 titik di Kecamatan Palengaan, 4 titik di Kecamatan Batumarmar, 2 titik di Kecamatan Waru dan 1 titik di Kecamatan Pasean.

Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo pada kesempatan tersebut Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Negara Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Asisten Khusus Menhan Bidang Matra Laut Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan Ashaf, Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza, Pangdam V/Brw dan Forkopimda Pamekasan. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *