Perayaan Natal 2023, Ganjar Pranowo Kunjungi Sejumlah Gereja di Solo

Jawa Tengah, Perpek Media – Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, ikut mendampingi kekhidmatan Natal dengan mengunjungi sejumlah Gereja di Solo. Ganjar sengaja menemui romo, pendeta dan sejumlah jemaat untuk ikut bergembira menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Terima kasih atas kunjungannya Pak Ganjar. Ini sebuah anugerah untuk kami. Semoga Pak Ganjar selalu sehat dan sukses,” ucap Romo Albertus Agus Ariestyanyo, kepala paroki.

Begitu apresiasi yang diberikan kepada Ganjar saat mengunjungi dua gereja pada Minggu, 24 Desember 2023. Dua gereja yang dikunjungi Ganjar pada hari itu ialah Gereja Santo Petrus Purwosari dan kedua Gereja Katolik Sp. Maria Regina Purbowardayan. Di dua gereja itu, Ganjar bertemu para romo, pendeta dan para jemaat untuk mengucapkan selamat.

Saat berkunjung ke Gereja Katolik Sp Maria Regina Purbowardayan, Ganjar disambut antusias para jamaat yang siap melaksanakan Misa Natal. Ia juga disambut Vikaris Episkopal Surakarta, Romo Mgr. Robertus Budiharyana, Pendeta Paroki Romo Yosef Supriyanto dan Romo Albertus Lilik Kurniawan.

Romo Budi, mengaku memang agenda kunjungan Ganjar Pranowo ke gereja-gereja setiap Natal sudah sering dilakukan ketika memimpin Jawa Tengah. Nyatanya, hal itu terus dilakukan Ganjar sampai saat ini.

“Selamat datang Pak Ganjar. Wah senang sekali kami disambangi bapak. Setiap menjelang Natal, bapak pasti ke sini. Dapat salam dari teman-teman di Semarang Pak Ganjar. Mereka juga kangen dan pengen disambangi Bapak juga,” sapa Romo Budi dengan penuh cinta pada Ganjar.

Ganjar membenarkan, ini kali pertama dirinya berkunjung ke gereja jelang Natal setelah selesai menjabat Gubernur Jateng. Dahulu semasa masih menjabat sebagai gubernur, setiap Natal dan Tahun Baru Ganjar selalu berkunjung ke gereja-gereja bersama jajaran Forkompimda.

“Iya ini kali pertama saya berkunjung ke gereja jelang Natal usai pensiun dari Gubernur. Ada suasana lain, karena biasanya keliling bareng Forkompimda. Tapi saya senang, karena mereka menyambut dengan baik, guyonan dan candaannya tetap sama. Saya lihat semua bahagia,” bilang Ganjar.

Apa yang dilakukannya, kata Ganjar, harus dipertahankan karena sebagai cermin kerukunan antarumat beragama. Ganjar pun membantah kalau kunjungannya ke gereja-gereja ini ada maksud lain.

“Mari kita terus menjaga nilai-nilai itu, agar semua warga bangsa bisa senang, aman, bisa mengekspresikan diri dengan baik, tidak saling curiga dan saling mendukung dalam batas keimanan masing-masing. Saya lihat suasananya ceria dan menyenangkan. Jadi saya ikut mangayubagyo saja bersama para romo, pendeta dan umat Kristiani yang merayakan Natal tahun ini. Mudah-mudahan lancar semuanya,” tuntas Ganjar. (*/Red)

Mungkin Anda Menyukai