Patroli Laut Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Berikan Himbauan Keselamatan kepada Nelayan

Jakarta, Perpek Media – Patroli Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Kepulauan Seribu melalui Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203 melakukan kegiatan patroli laut dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu pada Minggu (21/04/2024). Dalam kegiatan tersebut, diberikan himbauan kepada nelayan mengenai keselamatan dan pentingnya menggunakan life jacket.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menyampaikan pesan kepada nelayan agar selalu memprioritaskan keselamatan diri dan keluarga saat beraktivitas di laut. “Kami mengingatkan kepada seluruh nelayan untuk selalu menggunakan life jacket saat berada di perairan, karena hal ini dapat menjadi faktor penentu dalam menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat,” ujar AKP Dasiman.

Selain memberikan himbauan keselamatan, patroli ini juga merupakan upaya antisipasi terhadap tindak kejahatan di laut, termasuk penanggulangan ilegal fishing. AKP Dasiman menekankan pentingnya melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak kepolisian. “Kami mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan laut dengan melaporkan setiap aktivitas yang mencurigakan, terutama terkait ilegal fishing,” tambahnya.

Dalam menjalankan kegiatan patroli laut, Satpolairud juga mengingatkan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk. Mereka menyarankan agar setiap kapal selalu menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai langkah pencegahan kebakaran yang dapat terjadi di atas kapal.

Tak hanya itu, patroli ini juga bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif di Kepulauan Seribu. Satpolairud juga menyosialisasikan nomor call centre POLRI 110 sebagai sarana pengaduan dan informasi kepolisian yang dapat diakses oleh masyarakat.

Dengan adanya patroli laut dan sosialisasi yang dilakukan oleh Satpolairud, diharapkan wilayah perairan Kepulauan Seribu tetap menjadi tempat yang aman, nyaman, dan ramah bagi para nelayan dan wisatawan yang berkunjung. (*/Red)

Mungkin Anda Menyukai