Bersama Bupati, Kapolresta Magelang Sambut Kepulangan Jamaah Haji

Magelang, Perpek Media –
Terlihat suasana yang haru dan menyenangkan pada saat penyambutan kepulangan jamaah haji Kloter 26 Kabupaten Magelang tahun 2023 di Pendopo Soepardi Pemda Kab Magelang, pada Jum’at (14/07/2023) siang.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K.,S.H.,M.H., mendampingi Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P., bersama dengan Dandim 0705 Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H.,M.Si, menerima langsung kedatangan para jamaah haji yang baru tiba dari tanah suci.

Juga terlihat hadir Anggota DPRD Komisi IV Fraksi PKB Kab. Magelang Syukur Ahadi, Setda Kab. Magelang Drs. Ady Waryanto, Plt Asisten II, Ka Disperinaker Kab. Magelang Drs. Sukamtono, dan Ka Kemenag Kab. Magelang H. Muhammad Miftah, S.Ag., M.H., serta Kabag Kesra Kab. Magelang Budi Daryanto, S.STP., M.,Si.,

Tampak Kabag Ops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto S.H, M.A.P., memimpin pengamanan bersama Kasat Intelkam Polresta Magelang Kompol Sri Haryono, S.H., M.H., dan Kapolsek Mungkid Akp. Joko Hero Agustiono, S.Pd., M.M.,serta Danramil Mungkid Kapten Arm Nur Sigit, yang dibantu dari Panitia Penyelenggara Haji Th 2023.

KBP Ruruh menyampaikan bahwa hari ini telah dilaksanakan kegiatan pengamanan dengan melibatkan personil sejumlah 52 orang untuk kepulangan para jamaah haji yang telah selesai melaksanakan ibadah dan saat ini kembali pulang ke tanah air Indonesia, khususnya para warga Kabupaten Magelang.

“ini sebagai bentuk pelayanan prima Kepolisian untuk melaksanakan kegiatan pengamanan kepulangan bagi para jemaah kembali ke tanah air dan sebagai wujud untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama proses kepulangan”, ungkapnya.

Kegiatan pengamanan untuk hari ini (14/07) sudah mulai berlangsung mulai dini hari dengan pengamanan kepulangan para jamaah haji mulai Kloter 24, 25 dan 26.

“Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian barang milik para jamaah dan para penjemput, serta untuk menjamin kelancaran dan ketertiban selama proses penjemputan para jamaah haji”, tambahnya.

Bupati Magelang zaenal Arifin S.I.P di wakili oleh Kabag Kesra Kab. Magelang Budi Daryanto, S.STP., M.,Si. menyampaikan bahwa hari ini telah dilakukan penyambutan bagi para jamaah haji asal pengiriman dari Kabupaten Magelang Kloter 24, 25 dan 26.

“Jumlah jamaah haji dari ketiga kloter tersebut sejumlah 804 orang jamaah, dan saat ini telah kembali dengan mengendarai 20 Bus.

Tercatat yang meninggal dunia dari Kloter 24 ada 1 orang, Kloter 25 ada 2 orang dan Kloter 26 ada 1 orang, sedangkan jumlah jamaah haji secara keseluruhan dari wilayah Kabupaten Magelang ada sebanyak 1311 (seribu tiga ratus sebelas) orang ditambah dengan petugas haji daerah 9 orang sehingga total 1320 (seribu tiga ratus dua puluh) orang.

Kloter 27 dan 28 direncanakan akan pulang kembali tengah malam ini sampai esok hari, sedangkan Kloter 95 rencana pulang pada hari Minggu (30/07) serta Kloter 99 pulang hari Jum’at (04/08) dini hari.

Kita dibantu oleh jajaran kepolisian Polresta Magelang dan semua komponen di Kabupaten Magelang ini untuk penyambutan penerimaan para jamaah di Kabupaten Magelang, dan dengan kerjasama yang baik alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar”, jelas Budi Daryanto.

Salah satu perwakilan para Jamaah haji dari Kloter 26 asal pengiriman dari Kecamatan Grabag Magelang H.Budi Susilo mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para petugas Polri yang telah melakukan pengamanan dan pengawalan hingga perjalanan lancar sampai dengan Pendopo Kabupaten Magelang.

“Alhamdulillah saya bersama dengan teman-teman jamaah haji telah melaksanakan ibadah dengan lancar, dan saat ini bisa kembali dengan selamat, serta merasa sangat senang bisa kembali berkumpul bersama dengan keluarga”, ujarnya.

Perwakilan dari para penjemput jamaah mengungkapkan rasa senang dan harunya menyambut kepulangan para jamaah haji baik dari keluarga maupun saudara termasuk salah satunya adalah ibu Bidan Rahmi dari Progowati Mungkid.

“Kami sangat terharu dan alhamdulillah bisa pulang dengan sehat dan selamat, kami berharap semoga para jamaah menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh”, tutup Neneng Sutarti. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *