KPK Rampungkan Penyidikan Gratifikasi Rafael Alun Trisambodo

Jakarta, Perpek Media – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan penyidikan dugaan penerimaan gratifikasi mantan Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT).

Hal itu terlihat dari penyerahan tersangka dan barang bukti dari tim penyidik kepada tim jaksa penuntut umum (JPU) pada hari ini, Senin (31\/7\/2023).

“Pemberkasan perkara yang dinyatakan lengkap untuk saat ini adalah dugaan penerimaan gratifikasi, sedangkan untuk pemberkasan perkara dugaan TPPU masih berproses untuk melengkapi alat buktinya,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (31\/7\/2023).

Dikatakan, penahanan terhadap Rafael Alun tetap dilakukan untuk 20 hari ke depan, sampai dengan 19 Agustus 2023 di Rutan KPK. Tim Jaksa segera menyusun dakwaan sekaligus melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Tipikor dalam waktu 14 hari kerja,” kata Ali.

Ditjen Pajak Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka gratifikasi.

Rafael Alun diduga menerima gratifikasi terkait perpajakan sebesar 90.000 dolar AS atau sekitar Rp1,35 miliar.

Rafael, saat menjabat Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I 2011 lalu, diduga menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaannya.

Gratifikasi itu diduga diterima Rafael melalui PT Artha Mega Ekadhana (AME).

KPK menyebut beberapa wajib pajak diduga menggunakan PT AME untuk mengatasi permasalahan pajak khususnya terkait kewajiban pelaporan pembukaan perpajakan pada negara melalui Ditjen pajak.

Seiring proses penyidikan berjalan ,KPK turut menjerat Rafael dengan pencucian uang (TTPU).

KPK telah menyita sejumlah aset Rafael diduga hasil dari korupsi.

Seperti dua mobil jenis Toyota Camry dan Land Cruiser,motor gede Triumph 1.200 CC,rumah di Simprug,Jakarta selatan,rumah kos di blok M dan kontrakan di meruya, Jakarta Barat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *