Polda Jateng Ajak Warga Cegah Kebakaran Lahan di Area Jalan Tol

SEMARANG, Perpek Media — Musim kemarau yang sudah terjadi di Jawa Tengah, memantik perhatian Polda Jateng untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan khususnya di jalan tol.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu Setianto menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk meningkatkan patroli di semua ruas tol di seluruh Jawa Tengah.

“Tujuannya untuk meningkatkan pemantauan keamanan kawasan khususnya potensi gangguan asap yang biasa terjadi di musim kemarau akibat adanya kebakaran lahan di pinggiran jalan tol,” ungkap Kabidhumas, Senin (7/8/2023)

Asap tebal, sambungnya, sangat mengganggu pengguna jalan. Jarak pandang pengemudi kendaraan menjadi terganggu sehingga berpotensi mengakibatkan kecelakaan atau tabrakan beruntun.

Dirinya menambahkan, kejadian kecelakaan beruntun yang melibatkan 13 kendaraan di km 253 ruas tol Pejagan-Pemalang pada September 2022, menjadi sinyal kuat agar kejadian serupa tak terulang di seluruh jalan tol di Jawa Tengah

Selain itu, Kabidhumas menuturkan Polda Jateng juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat dan pengguna jalan untuk melapor ke pihak pengelola jalan tol bila melihat asap tebal di sekitar jalan tol.

“Silahkan lapor ke pihak berwenang atau langsung ke call center Jasa Marga di nomor 14080,” tegasnya

Pihaknya juga meminta warga pengelola lahan di sekitar untuk tidak melakukan pembakaran sisa padi atau ilalang karena berpotensi mengganggu lalu lintas kendaraan yang tengah melaju di jalan tol

“Demikian juga pada pengguna jalan tol, jangan membuang sampah atau puntung rokok secara sembarangan. Pada musim kemarau, sisa api sekecil apapun dapat mengakibatkan kobaran api yang lebih besar,” tutup Kabidhumas. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *