Suasana Arus Mudik di Terminal Kalideres Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H

Jakarta, Perpek Media – Suasana di Terminal Bus Kalideres Jakarta Barat pada H-1 Idul Fitri 2024 terpantau agak lengang. Karena jumlah pemudik hari ini (9/04/2024) jauh berkurang dibanding hari sebelumnya.

Terlihat juga petugas dari pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan serta pihak Satpol PP siap siaga dalam berpatroli untuk mencegah terjadinya premanisme, agar para pemudik yang akan pergi ke kampung halaman merasa aman dan nyaman.

Dalam pantauan awak media di lokasi, Selasa (9/4/2024) tujuan para pemudik yang menggunakan Bus untuk mudik masih di dominasi untuk wilayah Lampung, Sumatera dan Jawa Tengah.

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen mengatakan bahwa hanya 585 pemudik yang melakukan perjalanan dengan 132 bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP).

Selain itu, pihaknya hari ini kembali memantau setiap bus yang diduga sudah tidak layak jalan. Seperti kondisi dalam keadaan kaca bus pecah dan ban tidak layak, serta driver bus tersebut sudah menjalani tes urine.

Revi juga memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini telah terjadi pada Minggu (7/4/2024) kemarin, atau H-3 hari raya Idul Fitri. Total ada 6.397 pemudik.

“Puncak arus mudik dari Terminal Kalideres diprediksi kemarin. Hari ini masih banyak pemudik tapi tidak sebanyak kemarin,” kata Revi.

Selanjutnya Revi mempersiapkan untuk arus balik, pihaknya memprediksi akan mendatang terjadi seperti biasa sesudah Hari +7 usai Lebaran Idul Fitri 2024.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan untuk menghadapi arus balik mudik, salah satunya dengan menyiagakan dan menambah jumlah personel di malam hari.

“Bus transjakarta juga selalu disiagakan 24 jam untuk mengantar penumpang yang mau berangkat arus mudik maupun arus balik nanti pada saat di malam hari,” tandasnya.

Dentuman alunan suara Musik dari sebuah musik Organ Tunggal yang juga terdengar di beberapa sudut di wilayah terminal Kalideres – Jakarta Barat, berharap dapat menghibur para pemudik yang menunggu pemberangkatan Bus dengan dengan tujuan kampung halaman pemudik. (AT)

Mungkin Anda Menyukai