Keluarga Besar Yonarmed 3/NP Shalat Idul Adha Dan Sembelih Hewan Qurban

MAGELANG, Perpek.com – Keluarga besar Batalyon Armed 3/NP Kodam IV/Diponegoro menggelar Shalat Idul Adha 1444 H di Masjid Al-Ikhlas kompleks Makoyon, Sambung, Jambewangi, Secang, Magelang, Kamis (29/06/2023). Shalat Idul Adha ini sendiri di mulai pukul 07.00 WIB dengan Imam Gus Zaim dan Khatib Gus Luluk keduanya dari Pondok Pesantren Selamat.

Shalat Idul Adha diikuti oleh Mayor Arm Winner Fradana Dieng, S.Sos, M.M.A.S. beserta keluarga. Juga ratusan jamaah dari keluarga Perwira dan Prajurit Yonarmed 3/NP Kodam IV/Diponegoro.

Dalam ceramahnya Gus Luluk mengatakan, orang Islam wajib memahami hakikat tentang sikap Nabi Ibrahim AS dalam berkurban, yaitu ketakwaan kepada Allah SWT.

“Di mana melalui mimpi, Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Tentu ada rasa sedih dan bingung, karena akan kehilangan buah hati yang telah lama dinantikan. Namun ku arena dilandasi sikap takwa perintah itu dilaksanakan,” terang Gus Luluk.

Saat menyampaikan isi mimpinya kepada putranya, sungguh luar biasa jawaban yang diutarakan Nabi Ismail kepada ayahandanya.

“Wahai ayahku, laksanakan saja apa yang menjadi perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan ikhlas. Engkau akan menemukanku sebagai orang yang sabar,” terang Nabi Ismail.

Dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tersebut, Gus Luluk mengajak agar umat jamaah yang hadir serta umat Islam bisa meniru dengan teladan dari pada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

“Apa yang diucapkan oleh Nabi Ismail AS, ujian kesabaran dan keteguhan keduanya sangat berat. Namun mereka berdua sanggup dan ikhlas karena perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hingga Idul Adha ini lahir dan ada karena ketakwaan mereka berdua melaksanakan perintah Allah,” jelas Gus Luluk.

Gus Luluk menegaskan, manusia hidup di dunia hanya sementara, karena kematian tidak akan diketahui kapan datangnya. Dan modal utamanya adalah, bertaqwa kepada Allah SWT.

“Mari kita semua tingkatkan Iman kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, terlebih di Hari Raya Idul Adha ini,” pesannya.

Selesai shalat Idul Adha, perayaan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Yaitu sebanyak 5 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Turut berkurban. Danyonarmed 3/NP Kodam IV/Diponegoro Mayor Arm Winner Fradana Dieng dan keluarga. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *